Rabu, 24 November 2010

7 Jenis Kopi dari Cappuccino hingga Mocha Dan Variasinya

Minuman kopi telah berkembang menjadi banyak variasi. Beragamnya jenis kopi kadang membuat dahi mengernyit, apalagi dengan nama yang terasa asing di telinga. Berikut akan diulas mengenai bermacam jenis kopi, sehingga Anda tidak bingung lagi ketika berada di kedai kopi.

1. Kopi reguler Kopi reguler dibuat dengan hanya mencampur bubuk kopi dengan air panas. Aduk dan diamkan selama satu menit sebelum dikonsumsi. Kopi bisa disajikan ‘hitam’ atau ‘putih’. Jika ingin kopi putih, tambahkan krim atau susu ke dalam kopi. Tambahkan pula gula sesuai selera Anda.

2. Kopi instan
Dalam kopi instan, bubuk kopi akan ikut larut ketika kopi diseduh. Jenis kopi ini cocok untuk orang sibuk yang ingin membuat kopi dengan cepat dan mudah. Cara membuat kopi instan sama dengan kopi reguler

3. Espresso (berasal dari Italia)
Kopi espesso dibuat dengan mencampur kopi dari jenis yang berbeda. Kopi espresso dapat digolongkan mulai dari dark (paling kuat) hingga espresso tanpa kafein.

4. Cappuccino
Minuman kopi ini mirip dengan espresso hanya saja penyajiannya ditambahkan dengan susu berbusa diatasnya. Susu berbusa digunakan untuk menahan agar kopi tetap panas. Bubuk kayu manis atau cokelat dapat ditambahkan pula pada cappuccino.

5. Latte (‘susu’ dalam bahasa Italia)
Latte merupakan satu jenis espresso yang dibuat dengan susu yang telah dikukus (susu juga berbusa seperti pada espresso). Semakin banyak susu ditambahkan, konsentrasi dan rasa kopi akan semakin ringan.

6. Mocha (berasal dari Yaman)
Jenis kopi ini menggunakan tambahan kacang mocha. Kopi mocha bisa dibandingkan dengan minum cappuccino atau latte, namun dengan versi yang lebih manis. Bubuk cokelat panas atau sirup biasanya juga ditambahkan pada mocha.

7. Frappe
Frappe merupakan versi dingin dari espresso. Frappe biasanya dibuat dari campuran kopi instan, gula, luluhan es, krim, dan air.

Untuk menikmati secangkir kopi memang ada seninya ngopi yuk ???
◄ Newer Post Older Post ►
ARTIKEL GRATIS

Masukan Email Anda Dikotak:

Diantar Oleh FeedBurner