Jumat, 19 Agustus 2011

Tips Apa Saja Yang Dibutuhkan Pas Melamar Kerja

 Persiapkan dan rapikan semua dokumen yang akan dibutuhkan di saat wawancara pekerjaan. Resume adalah dokumen utama Anda.

Referensi Anda
Penting juga untuk membuat daftar referensi. Persiapkan untuk diberikan pada pewawancara, nama dan alamat 3 orang yang kenal baik dengan Anda dan/atau pekerjaan Anda. Anda harus meminta referen untuk menggunakan nama mereka. Jika perlu, minta teman profesional atau atasan yang dulu untuk menuliskan surat referensi, dan lampirkan dalam resume Anda.

Ketahui Perusahaan Dan Calon Majikan
Pelajari sebisa Anda tentang perusahaan yang mewawancarai Anda. Kunjungi web site perusahaan itu untuk mencari tahu semua tentang perusahaan itu. Coba untuk mencari apa yang mereka lakukan dan konsentrasi kerjanya. Cari tahu untuk siapa Anda bekerja. Ia akan sangat berpengaruh dalam hidup Anda. Pastikan Anda benar-benar ingin bekerja dengan orang itu. Jika bos Anda tidak mengatakan tentang dirinya di wawancara, jangan tanyakan.

Ketahui Berapa Seharusnya Anda Digaji
Ketahui berapa seharusnya Anda digaji untuk kemampuan dan keahlian Anda. Perkirakan sedikit lebih tinggi sehingga perusahaan dapat menawarnya. Jangan terlalu tiggi atau Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan itu. Ketahui perkiraan skala gaji untuk perkerjaan itu dan bersiaplah untuk negosiasi gaji.

Kenali diri sendiri
Sangat penting Anda mengenali diri sendiri. Evaluasi apa yang dapat Anda tawarkan untuk perusahaan, apakah itu pendidikan, latihan atau keahlian khusus. Selalu beritahu mereka apa yang dapat Anda lakukan, bukan apa yang tidak dapat Anda lakukan. Ketahui tepatnya tipe pekerjaan apa yang seharusnya Anda lamar dan tipe pekerjaan apa yang Anda inginkan.

Ketahui Pewawancara Anda
Persiapkan diri untuk pertanyaan-pertanyaan pewawancara yang mungkin ditanyakan pada Anda. Anda harus berlatih menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan pewawancara. Mintalah seseorang untuk bertanya pada Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 
  1. Kenapa Anda ingin bekerja disini? 
  2. Berapa lama Anda ingin bekerja untuk perusahaan ini? 
  3. Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?
  4. Ceritakan tentang diri Anda? 
  5. Kenapa sekarang Anda tidak bekerja? 
  6. Berapa lama Anda akan tetap tinggal dalam pekerjaan ini tanpa kenaikan jabatan? Kenapa kami harus menerima Anda?
  7. Apakah Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang baik?
  8. Apa yang Anda suka/tidak suka dari pekerjaan sebelumnya?
  9. Berapa gaji Anda sebelumnya?
  10. Berapa Anda ingin digaji?
  11. Kenapa Anda pikir dapat melakukan pekerjaan ini tanpa pengalaman
Jangan Terlambat Ketika Wawancara
Pastikan setidaknya Anda datang 10 menit lebih awal dari jadwal pertemuan. Jangan datang terlalu cepat atau terlambat. Beri cukup waktu untuk wawancara--jangan menjadwalkan janji lain yang terlalu dekat dengan waktu wawancara. Waktu Anda dengan pewawancara tidak bisa diganggu.

Penampilan Anda dan Pakaian
Jangan berpakaian terlalu kasual atau terlalu formal untuk wawancara. Pakaian konservatif dengan warna tidak terlalu mencolok. Berpakaian rapi dan bercukurlah untuk pewawancara. Wanita seharusnya memastikan dirinya terlihat sangat rapi. Rambut seharusnya tidak menutupi muka, diatas alis atau diikat kebelakang. Makeup lebih halus. Penampilan Anda sangat penting bagi pewawancara. Jika penampilan Anda buruk untuk pewawancara, ia akan menganggap seperti itulah penampilan Anda pada saat bekerja. Penampilan rapi adalah harus. Demikian sedikit pengetahuan yang saya ketahui dalam melamar pekerjaan, atas perhatian dan waktunya dalam membaca artikel ini saya ucapkan terima kasih.

◄ Newer Post Older Post ►
ARTIKEL GRATIS

Masukan Email Anda Dikotak:

Diantar Oleh FeedBurner