Kamis, 29 September 2011

Cara Alami Awetkan Daging - Di Semur Saja

 cara awetkan daging
Ada aneka macam cara bahan makanan diawetkan, khususnya daging. Untuk masyarakat Indonesia, cara tersebut dapat dengan mengolah daging  menjadi masakan semur. Semur merupakan makanan berkuah yang berwarna cokelat pekat. Macam-macam bahan yang disemur, contohnya tempe, tahu, ayam, telur, daging, dan lain-lain. Sementara, bumbu utama yang dipakai adalah bawang bombai, bawang merah, cengkeh, pala, serta kecap bango sebagai penambah lezatnya rasa.

“Semur diambil dari tradisi masyarakat buat mengawetkan daging dalam bentuk yang khas dan sopan,” kata JJ Rizal, sejarawan UI pada “Dalam sebuah diskusi Kuliner Nusantara dan Kebudayaan” di Auditorium Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, U I, di Depok, Jawa Barat, Rabu (21/9/2011). JJ Rizal pun mengatakan lagi, semur sangat dipengaruhi budaya Tionghoa yang kerap memakai kecap dalam banyak varian menunya. Perbedaannya, jika makanan khas Tionghoa banyak menggunakan kecap asin, kuliner Nusantara justru sebaliknya banyak menggunakan kecap manis.

Tidak disangkal lagi olehnya, perkembangan zaman membuat semur mempunyai keunikan di setiap daerah. Akan tetapi, itu semua tidak mengubah cita rasa semur yang terkenal manis. “Semur itu juga ada berasal dari tradisi Eropa. Proses pembuatannya sama, hanya berbeda bentuk dan variasi saja. Sedangkan di Indonesia sendiri, semur di setiap daerah berbeda,” katanya sambil menutup perbincangan.
◄ Newer Post Older Post ►
ARTIKEL GRATIS

Masukan Email Anda Dikotak:

Diantar Oleh FeedBurner