Selasa, 27 September 2011

Noken Adalah Tas Tradisional Wanita Buatan Papua

Para wanita biasanya senang sekali menggunakan tas, apalagi kalau yang bermerek terkenal kayak Louis Vuitton dan Hermes, yang umumnya dimiliki oleh para wanita kelas jetset. Hal ini terjadi pula pada wanita Papua, khususnya Papua Barat yang mempunyai tas wanita tradisional bernama Noken. Tas tersebut mempunyai simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan.
Noken adalah kerajinan tangan khas Papua mempunyai bentuk seperti tas. Ada 250 etnis dan bahasa di Papua, akan tetapi semua suku mempunyai tradisi kerajinan tangan Noken yang sama. Fungsi Noken sangat bermacam-macam. Tetapi, Noken umumnya digunakan buat membawa barang seperti tanaman hasil panen, kayu bakar sampai barang-barang belanjaan. Noken yang kecil umumnya digunakan untuk membawa kebutuhan pribadi. Tidak hanya itu, Noken juga digunakan dalam upacara dan sebagai kenang-kenangan buat tamu yang hadir.

Beraneka suku di Papua dan Papua Barat memberi sebutan noken dengan berbagai macam nama. Kayu yang dipakai sebagai bahan baku juga berbeda-beda. Ada kulit kayu pohon Nawa, pohon manduam bahkan anggrek hutan. Noken berbahan benang nilon dan serat kulit kayu tersebut dijual dengan harga rata-rata Rp 100 ribu - Rp 300 ribu tergantung ukuran. Warna-warni yang ceria dari tas ini menjadi kekhasannya tersendiri.

Yang paling menarik dari Noken ini adalah hanya orang Papua saja yang boleh mengerjakan Noken. Mengerjakan Noken sendiri dahulu dapat melambangkan kedewasaan wanita itu. Sebab bila perempuan papua belum dapat membuat Noken maka dia tidak akan dianggap dewasa dan itu adalah syarat untuk menikah. Pada zaman dulu Noken dibuat sebab suku Papua memerlukan sesuatu yang bisa memindahkan barang ke tempat yang lain. Namun sekarang kaum wanita di Papua sudah jarang yang dapat mengerjakan tas Noken padahal itu adalah warisan budaya yang menarik.

Sampai noken Papua dinominasikan dalam Daftar yang Memerlukan perlindungan mendesak sebab dianggap sebagai ikon khas masyarakat Papua yang mulai ditinggalkan.
◄ Newer Post Older Post ►
ARTIKEL GRATIS

Masukan Email Anda Dikotak:

Diantar Oleh FeedBurner