Rabu, 21 September 2011

Peluang Bisnis Rumah Atau Tempat Kost | Artikel Bisnis

Memandang peluang bisnis rumah atau tempat kost tips bisnis yang satu ini, memang umumnya orang  enggan untuk berani memulainya, apalagi buat anda yang berkantong 'pas-pasan' sebab dapat dikatakan bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi karena keuntungan yang menggiurkan tiap bulannya, maka admin menulis artikel peluang usaha ini sebagai bisnis lahan uang baik untuk anda yang punya modal cukup atau hanya punya modal pas-pasan.

Usaha Kost berarti upaya menyewakan kamar kepada perorangan / lebih yang memungut bayaran setiap bulannya. Kawasan pabrik, pertokoan, perkantoran ataupun sekolah dan kampus,adalah target utama dari bisnis menguntungkan ini. Pada dasarnya, bisnis Kost ini sangatlah gampang, tidak membutuhkan banyak tenaga dan fleksibel, terutama buat anda yang super sibuk. Gampangnya saja, kita tinggal menyiapkan tempat (kamar), mengisinya dengan perabot-perabot utama, dan mempunyai tenaga 1-2 orang untuk menjaga sekaligus merawat tempat tersebut.  Mempunyai banyak kamar untuk disewakan tentunya akan lebih baik untuk meningkatkan pendapatan.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengelola bisnis ini admin akan mengurainya satu persatu.

1. Lokasi : Cari lokasi yang pas dan strategis di kawasan perkantoran, pertokoan, sekolah, pabrik ataupun kampus, tidak harus bersebelahan akan tetapi mempunyai akses yang mudah dijangkau. Usahakan memilih lokasi di pinggir jalan, jangan sampai lokasi yang ada di dalam gang. Bila sudah ada bangunan di atasnya, Anda tinggal merenovasi seperlunya untuk menekan pengeluaran. Akan tetapi bila berupa tanah, harus dikeluarkan modal lebih untuk membuat bangunan di atasnya. Keuntungannya, Anda dapat membuat lebih banyak bangunan kamar di atasnya, dan menatanya serapi mungkin supaya dapat menarik calon penghuni.

2. Perijinan : Sebelum membuka usaha ini, sebaiknya Anda melakukan perijinan untuk membuka Rumah Kost kepada RT/RW setempat. Lakukan secara tertulis.

3. Bangunan dan Perlengkapannya yang harus disediakan,
 
*Pasang fasilitas listrik, air, dan kamar mandi.
 
*Persiapkan kamar yang berukuran standart, jangan terlalu sempit sebab akan menimbulkan ketidaknyamanan penghuni, dan dapat saja penghuni akan pindah ke tempat lain.
 
*Fasilitas kamar seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi harus dipersiapkan pula.
 
*Fasilitas pendukung tentunya akan menambah nilai  buat usaha anda. Persiapkan fasilitas pendukung seperti ruang tamu, telepon, televisi dan dapur, (jika diperlukan).

3. Siapkan / pasang aturan yang berlaku dalam Kost tersebut. Contohnya: Membatasi tamu yang datang/menginap, pemakaian peralatan listrik, waktu pembayaran uang kost dan lain-lain.

4. Menentukan biaya  kost dengan mengikuti pasaran harga, fasilitas dan pelayanan yang anda beri.

5. Meminta data diri penghuni kost berupa fotocopy KTP untuk arsip anda.

6. Anda dapat mengambil tenaga untuk mengerjakan pengawasan lokasi, sekaligus untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

7. Dengan waktu berjalan, anda juga dapat menambah fasilitas-fasilitas lain untuk meningkatkan 'perinkat' kost Anda.  Hal itu dapat anda lakukan menyusul dan bertahap.

Bagaimana Mencari modal buat bisnis ini??

Buat anda yang mempunyai modal tipis, tentunya ada solusi yang bisa admin berikan buat anda. Anda dapat membeli sebuah lahan (sebaiknya sudah berupa bangunan untuk menekan pengeluaran) dengan memakai pinjaman dari bank. Anda dapat mengambil KPR atau kalau menurut anda terlalu lama, anda dapat mengambil utang usaha jangka pendek dengan jaminan sertifikat lahan yang anda beli. Nantinya anda bisa membayar angsuran bank tersebut dari uang kost yang akan anda terima tiap bulannya. Untuk awalnya memang berat karena nanti anda belum dapat secara langsung menikmati hasil usaha anda secara penuh karena untuk mengangsur kredit Bank. Namun pada akhirnya anda telah mempunyai properti yang nilainya akan terus bertambah bukan?? hehehehe...

Anda dapat membuka bisnis lain yang dapat digabungkan dalam usaha ini, selain dari uang kost yang anda terima tiap bulan, anda pun dapat menambah pemasukan dengan beberapa peluang usaha berikut ini :
1. Menyediakan layanan jasa Laundry
2. Membuka 'warnet'
3. Menyediakan layanan jasa katering
4. Membuka warung kecil dengan menjual barang-barang kebutu
han sehari-hari.

Demikianlah tips-tips yang bisa admin artikelceritagratis berikan untuk anda yang berniat untuk membuka usaha Kost. Tertarik dengan bisnis yang satu ini!! (Dikutip dari berbagai sumber)
◄ Newer Post Older Post ►
ARTIKEL GRATIS

Masukan Email Anda Dikotak:

Diantar Oleh FeedBurner